Pemimpin yang Merindu dan Dirindukan Surga

Surga pun merindukannya, seorang yang bersahaja, kecintaannya kepada ummat begitu dalam, mengikuti teladan mulia penghulu seluruh alam.
.
Suatu ketika sang Amirul mu’minin nan adil Umar Ibnul Khattab berkunjung ke negri syam dan memaksa untuk berkunjung ke istana sang gubernur dan berkata: “Wahai saudaraku, bawalah aku kerumahmu!” Maka dia pun menjawab: “Apa yang engkau inginkan dariku wahai Amiirul Mu’miniin, aku hanya khawatir, jika engkau berkunjung ke rumahku akan membuat susah dirimu”. Tandasnya.
.
Namun Amiirul Mu’minin Umar pun tetap bergegas menggandengnya untuk ikut kerumah beliau.
Sesampainya di pintu rumah, maka dibukalah pintu yang bertawadhu kepada tuannya dengan dercit kayu yang seakan telah lapuk. Dan tampaklah dihadapan Khalifah bidang ruang kosong yang hanya diisi oleh alas tidur dan beberapa alat masak serta baju perang.
.
Air mata khalifah pun tak bisa terbendung lagi, diapun menatap pria yang diamanahinya sebagai pimpinan di kota itu. Pria yang menjadi kekasih manusia terbaik Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. Pria yang bergelar “orang yang terpercaya di Ummat ini”. Pria yang telah dijanjikan surga baginya. Pria yang kini berdiri ta’zhim dengan segala kerendah hatiannya. Ternyata hanya tinggal didalam ruang kosong yang tidak berisi barang – barang mewah para pejabat. Yang kosong dapurnya dari makanan lezat selera para raja.
Dan nyata, sang gubernur ternyata bukan tinggal di sebuah istana, melainkan hanya gubuk kosong dan sempit yang bisa digunakan sebagai tempatnya berbaring mengistirahatkan jasad yang selalu sibuk melayani ummat dan menunggu pertemuan denganNya.
.
Pria ini pun berkata: “Wahai Amiirul mu’miniin, telah aku katakan sedari tadi akan kekhawatiranku, aku takut menyusahkanmu karena ini, cukuplah apa yang engkau dengar dari orang – orang yang menyampaikan berita kepadamu”. Amirul mu’minim pun menjawab: “Wahai saudaraku, dunia telah merubah semuanya, kecuali dirimu”. Semoga Allah merahmatimu wahai sahabat mulia Abu ‘Ubaidah ibnul Jarrah. Amiinul Ummah – Orang terpercaya di Ummat ini. .

.

.

Abah Lukman
https://t.me/Kuttabindonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *